Senin, 28 Desember 2009

PENTINGNYA VARIASI MENU MAKANAN

Atas nama kepraktisan, kita sering kali memilih menu yang sama setiap kali jam makan siang tiba. Tapi sehatkah ini?

“Itu adalah kebiasaan yang kurang sehat,” Dr. Melina Jampolis, ahli nutrisi dari San Francisco, California, memberikan jawabannya. Meskipun menurut Jampolis dalam menu tersebut telah terdapat sayur, daging, dan nasi dalam jumlah yang proporsional.
Kebiasaan ini tidak memperlebar peluang tubuh untuk mendapat nutrisi dari bahan makanan yang lain. Sebab, setiap sumber bahan makanan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. “Jika dibiarkan terus menerus, kita justru akan mengalami malnutrisi.”

Sangat penting untuk mengkonsumsi vitamin dan mineral dari bahan makanan yang bervariasi. Misalnya dengan menganti-ganti sayuran yang dimakan setiap harinya, mulai dari yang berwarna hijau pekat sampai oranye terang, kita akan mendapat vitamin K, E, C, plus beta karotin yang dapat melindungi mulai dari tulang hingga kulit.

Dan ketika kita memberikan tubuh tidak hanya nasi tapi juga whole grains serta ikan menyeimbangkan sumber kalori dalam tubuh. “Ini adalah sumber kalori yang aman bagi jantung serta otak.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar